[#BeautyGoersCollaboration] MENJADI BLOGGER DAN YOUTUBER PEMULA

by - Oktober 25, 2018

Hayy semua, apa kabarnya ? Semoga dalam keadaan sehat yaa guys. Hmmm berbicara soal makeup tidak akan ada habisnya yaa guys, tapi kali ini aku tidak akan membahas tentang makeup atau skin care dan kecantikan lainnya. Tapi, kali ini aku akan membahas tentang behind the scene blogger dan vlogger ala Lita Rianti hehe. Postingan ini merupakan collab aku bareng Beautygoers guys. Disini aku akan membahas bahagaimana aku mempersiapkan konten, alat serta bercurhat dikit awal mula aku jadi blogger atau vlogger. Ada yang ingin tau ? Jawab aja iyaa yaa biar aku senang haha. Aku akan mengawali dengan kenapa memilih menjadi Beauty Vlogger dan Blogger.

AWAL MULA JADI BEAUTY VLOGGER dan BLOGGER

[#BeautyGoersCollaboration] MENJADI BLOGGER DAN YOUTUBER PEMULA


Menjadi seorang blogger sebenarnya bukan pekerjaan utama aku, seperti yang kalian tau aku adalah seorang perawat di sebuah Rumah Sakit Swasta yang ada di Bali. Menjadi Blogger atau Vlogger tidak lain tidak bukan adalah karena hobby dan kecintaan aku terhadap makeup.


Aku akan menceritakan secara singkat saja yaa guys, takut kalau semua aku ceritakan nanti malah jadi novel 3 bab haha. Sebenarnya aku bukan orang yang suka nulis di blog, dulu saat kuliah pernah sekali nulis dan itupun memang tuntutan tugas hehe. Beauty Content Creator aku mulai dari platform Youtube, kenapa youtube yaa penjelasannya diatas hehe. Kalau kalian ingin tau video pertama aku akan aku link dibawah. Aku memang suka makeup dari SMA, mulai makeup dari SD karena memang dulu sering nari Bali guys. Kuliah sendiri di bidang keperawatan, setelah lulus Ners aku nganggur kurang lebih 3 bulanan karena menunggu hasil Uji Kompetensi Perawat keluar. Nah dari sana aku mulai memberanikan diri untuk membuat video di youtube. 

Bagaimana dengan blog? Setelah berdiskusi panjang dengan pacar aku hehe. Jadi kita simpulkan untuk menseriuskan konten youtube yang aku buat sambari menunggu panggilan kerja. Blog aku buat awalnya semata-mata untuk menunjang kunjungan youtube aku, yess dan itu memang berhasil dan terlihat perubahannya. Setelah buat konten di youtube biasanya aku buat bahasannya juga di blog dengan di link ke postingan di youtube agar readers biasa langsung klik ke youtube aku. But, sekarang aku mencintai nulis menulis ini dan sampai sekarang aku masih menjalankan kedua platform ini hehe.

Sedikit cerita awal mula itu aku bahas, sekarang aku akan bahas tentang perlengkapan apa yang aku punya untuk membuat sebuat konten baik di youtube ataupun di blog. Aku akan bedakan persiapannya yaa guys.

PERLENGKAPAN UNTUK BLOGGER PEMULA

Nahh untuk kalian yang baru akan memulai menjadi seorang blogger baik itu beauty blogger atau konten lain yang paling pertama harus kalian punya adalah "PLATFORM" atau bisa disebut punya akunnya dulu jadi kalian bisa daftar free di Blogger.com atau Wordpress.com. Kalian bisa login langung dan bisa coba membuat konten dulu. Banyak-banyak baca blog orang, itu sangat membantu dalam mencari inspirasi apa yang harus kalian tulis inget yaa mencari inspirasi bukan menjiplak tulislah dengan cara kalian sendiri.

Selanjutnya adalah foto produk atau foto untuk menunjang kontek kalian di blog. Nah foto ini dapat kalian kreasikan sesuai dengan style foto kalian. Kalau kalian punya kamera bagus kalau tidak cukup dengan hp kalian lohhh yang penting cara pengambilan foto dan masih ada aplikasi editing kok hehehe

Aku biasanya menggunakan hp pribadi aku Xiomi Redmi Note 4X seperti dibawah ini untuk pengambilan gambar, dulu aku hanya menggunakan cahaya matahari untuk lighting dan selimut ibu untuk tempat produk hehe. Tidak jarang juga aku membawa produk ke tempat aku kalau liburan siapa tau ada spot foto bagus jadi bisa langsung sebagai background (Blogger life banget). Tapi sekarang aku ada rejeki jadi aku beli mini studio gitu jadi seperti box tempat foto yang ada lampu LED didalamnya. Mini studio sudah include dengan background 4 warna seperti digambar bawah, jadi kalian tinggal tambahkan pernak-pernik lain sesuai kreasi.
[#BeautyGoersCollaboration] MENJADI BLOGGER DAN YOUTUBER PEMULA
Mini Studio Beli di Shopee

[#BeautyGoersCollaboration] MENJADI BLOGGER DAN YOUTUBER PEMULA
Mini studio ini dapat 4 background warna (Putih, Hitam, Hijau dan Pink)

Nahh setelah kalian mempunyai foto kalian bisa edit agar gambar bisa lebih bagus bisa juga ditambah efek atau watermark blog kalian. Watermark disini berfungsi agar gambar kalian di blog tidak di klaim oleh orang lain. Watermark bisa diberikan nama blog, instagram atau apapun yang menjadi ciri khas dari gambar kalian. Aku sendiri menggunkana dua aplikasi di hp sendiri (soalnya agak males pindah ke laptop) yaitu PictsArt dan Lightroom CC kalian bisa download free di play store

Kalian bisa liat postingan pertama aku di blog dan postingan-postingan selanjutnya belum banyak perubahan mungkin tapi setidaknya sudah lebih panjang dari sebelumnya hehe. Segitu saja untuk blog karena memang yang lebih dipentingkan adalah konten dan ketekunan hehe. Yukss kita beralih ke youtube.


PERLENGKAPAN UNTUK VLOGGER/YOUTUBER PEMULA

Selanjutnya mari kita beranjak ke platform Youtube. Sebagai youtuber pemula seperti diatas kalian perlu membuat akun youtube terlebih dahulu. Setalah itu kalian perlu membuat konten videonya terus upload deh hehe. Perlengkapan yang aku gunakan saat membuat video adalah hp pribadi Xiomi Redmi Note 4X guys, yess hanya HP. Awalnya aku menggunakan lighting berupa mini ringlight yang digunakan biasanya untuk selfie, tapi karena menurutku hasilnya kurang memuaskan aku selanjutnya menggunakan cahaya matahari langsung hehe. Bisa dibayangkan kalian tidak akan bisa buat video di malam hari atau saat mendung haha. Sedikit demi sedikit aku mengumpulkan uang dari hasil blog dan youtube aku (aku orang yang tidak mau menggunakan gaji pribadi, karena ini hoby aku jadi menurut aku hasil dari sini aku gunakan balik lagi untuk kelengkapan perlengkapan aku hehe) jadi aku beli ringlight yang tidak terlalu mahal untuk menbantu penerangannya.

[#BeautyGoersCollaboration] MENJADI BLOGGER DAN YOUTUBER PEMULA
Mini ringlight harga Rp. 15.000




Video pertama aku menggunakan mini ringlight

Setelah itu untuk pengeditan video sendiri aku punya dua aplikasi yang aku gunakan dan dua-duanya ada di HP, masih belajar untuk ngedit di laptop hehe. 

Pertama aku menggunakan Viva Video Pro bisa diliat dibawah ini gambarnya. Biasanya aku menggunakan ini untuk video aku di youtube yang lumayan panjang, dan tidak memerlukan efek yang sulit. Kelemahan dari Viva Video ini kita tidak bisa menyesuaikan dengan lagu, alias aplikasi ini tidak dapat memotong lagu di bagian tengah.

Aplikasi ke dua adalah Quik. Aplikasi ini super simple, kenapa? Karena aplikasi ini tinggal masukkan video pilih tema dan lagu jadi deh. Aplikasi ini mengatur sendiri waktu video dengan lagu, biasanya aku menggunakan ini untuk tutorial di instagram. Hasil aplikasi Quik ini biasanya durasi dibawah 1 menit jadi super simple banget.

[#BeautyGoersCollaboration] MENJADI BLOGGER DAN YOUTUBER PEMULA
Studio kecil di pojokan rumah

Hmmm apalagi yaa yang mesti aku sharing untuk behind the scene kali ini, aku rasa sudah cukup lengkap jika kalian ingin menjadi Blogger dan Vlogger/Youtuber pemula. Terpenting adalah konsisten dan niat, percuma nanti punya alat lengkap tapi kalian tidak memanfaatkannya dengan baik. Jika nanti ada yang ingin ditanyakan atau kalian ingin aku sharing apa bisa langsung comment dibawah yaa guys.

[#BeautyGoersCollaboration] MENJADI BLOGGER DAN YOUTUBER PEMULA

BEAUTYGOERS 

Kalau kalian pengen tau cerita member yang lain bisa cek nihh member Elvina bisa langsung cuss kunjungi blognya yaaa

Thank youu untuk kalian yang sudah membaca postingan aku semoga bermanfaat yaa guyss
Love 

You May Also Like

3 comments

  1. Aku malah jelek banget iiih youtube nya. Suka males ngedit sama bingung mau isi konten apa lagi di youtube tuuuh :'(

    BalasHapus
  2. Kalo video biasanya aku pake filmora tapi aku mau coba quick ah😊

    BalasHapus
  3. Aku baru belajar untuk jadi blogger dan vlogger. Doain ya kak. Sukses selalu juga buat kkk. Salam, muthihauradotcom

    BalasHapus

Hai terimakasih sudah membaca postingan aku. Jangan lupa comment untuk postingan aku, karena kritik dan saran sangat berarti untuk postingan aku selanjutnya :)